Klub Sepak Bola Borussia Dortmund Dulu, Sekarang dan Masa Depan

Arnold Stone

Borussia Dortmund Football Club atau juga dikenal sebagai BVB adalah salah satu klub sepak bola terkemuka Jerman yang berbasis di Dortmund. Borussia Dortmund didirikan pada tahun 1909, menjelang awal abad ke-20, dan telah ada selama lebih dari 110 tahun. Klub memainkan semua pertandingan kandang di Westfalestadion di Jerman. Stadion ini merupakan stadion terbesar di negara ini dan salah satu yang terbesar di Eropa. Klub ini bermain dengan jersey bergaris kuning dan hitam kenari tradisional. Pelatih kepala klub saat ini adalah Lucien Favre. Sejak awal klub, klub telah memenangkan beberapa penghargaan yang mencakup Liga Champions, Piala Winners UEFA, Piala Interkontinental, dan 8 Kejuaraan Liga Jerman. Dortmund adalah klub Jerman paling sukses dan terkaya kedua untuk sebagian besar abad ke-21. Borussia Dortmund Football Club memainkan pertandingan derby dengan FC Schalke dan German Classico dengan Bayern Munich. Borussia juga menggunakan sistem yang berpusat pada pemuda dan menarik talenta muda terbaik di dunia sebelum mendapatkan keuntungan tak terduga dari penjualan para pemain ini. Klub kemudian mengulangi proses dengan memasukkan pemain muda ke dalam tim. Klub ini dikenal dengan gaya permainan menyerang. Pendukung klub adalah beberapa pendukung paling vokal di Eropa.

Masa Lalu Klub Sepak Bola Borussia Dortmund

Dortmund menelusuri asal-usulnya kembali ke 1909 dimulai oleh sekelompok anak laki-laki. Bahkan, Borussia berarti Prusiaa dalam bahasa Latin. Namun, klub mendapatkan namanya dari tempat pembuatan bir dengan nama yang sama yang berlokasi di Dortmund. Dan selama lebih dari 100 tahun, tim bermain dengan garis-garis ikonik hitam dan kuning.

1. Kebangkrutan – Pada tahun 1929, klub hampir bangkrut tetapi diselamatkan dari pembubaran oleh seorang pendukung. Klub mencoba merekrut pemain profesional untuk naik peringkat dan mengambil pinjaman untuk membiayai para pemain ini. Kita semua tahu apa yang terjadi pada tahun 1929 (awal dari depresi terbesar). Seorang pendukung Dortmund membantu klub dengan membayar kerugiannya.

2. Nazi Jerman – Klub Sepak Bola Borussia Dortmund memiliki periode yang relatif membosankan setelah kebangkitan partai Nazi. Presiden klub saat itu menolak untuk bergabung dengan partai Nazi. Partai Nazi mengeksekusi beberapa anggota klub yang menerbitkan pamflet anti-Nazi. Setelah berakhirnya Perang Dunia 2, Dortmund memantapkan diri sebagai pesaing utama dan saingan utama untuk Schalke 04. Saat itu, Schalke adalah tim yang paling dominan di liga, terutama selama tahun 1940-an. Dortmund memenangkan gelar pertamanya pada tahun 1956, kemudian pada tahun 1957 dan 1963.

3. Bundesliga – Bundesliga dimulai dari Divisi Pertama Jerman pada tahun 1963. Selama waktu ini, klub juga memenangkan Piala Winners Eropa pertamanya pada tahun 1965. Awal tahun 70-an melihat periode gejolak bagi klub Jerman. Klub mengalami masalah keuangan lagi dan terdegradasi pada tahun 1972 dan hanya kembali ke Liga empat tahun kemudian. Sementara klub berhasil menutup keuangannya, klub tidak tampil jauh lebih baik di lapangan, hanya berhasil menghindari degradasi pada beberapa kesempatan hingga 1990-an.

4. Zaman Keemasan – Zaman keemasan Klub Sepak Bola Borussia Dortmund dimulai pada 1990-an, dengan tim yang menantang gelar pada 1992 dan finis di urutan kedua. Pada tahun 1993, klub mencapai final Piala UEFA tetapi kalah dari Juventus (6-1). Ini membantu klub mendapatkan ketenaran, reputasi, dan yang lebih penting, keuangan untuk membeli pemain penting. Klub ini berhasil memenangkan gelar liga berturut-turut dan Piala Super DFL pada tahun 1996 dan 1995. Dortmund berhasil membalas dendam di final Piala Eropa 1997 setelah mengalahkan Juventus 3-1.

Hadiah Borussia Dortmund

Klub Sepak Bola Borussia Dortmund adalah klub sepak bola Jerman yang diperdagangkan secara publik. penggemar dan investor dapat membeli saham di klub. Klub telah mengalami masa pasang surut dalam dua dekade terakhir. Klub telah bermain dan memenangkan setiap turnamen besar, tetapi menghadapi krisis keuangan di awal 2000-an. Faktanya, Bayern Munich meminjamkan klub lebih dari 2 juta Euro agar Dortmund mampu membayar gaji pemain. Klopp berhasil membawa klub kembali mendominasi Liga Jerman dengan meraih dua gelar juara pada 2011 dan 2012. Klub ini finis sebagai runner-up dalam 5 dari 8 musim terakhir.

Masa Depan Borussia Dortmund

Borussia Dortmund Football Club ingin membangun skuad muda dan bersaing untuk Liga dan Liga Champions. Beberapa pemain kunci dari skuad termasuk Hazard, Haaland, Reus, Hummels, Witsel, Reinier, Bellingham, Sancho, Delaney, dll.

Pemberitahuan: JavaScript diperlukan untuk konten ini.

Author: Darren Gray